Alhamdulillah, tidak terasa kuliah tahun pertama saya sudah lewati dan sebentar lagi memasuki tahun kedua. Berada satu tahun di jurusan Teknik Elektro UI membuat saya benar-benar tertarik untuk terus menggali ilmu di bidang ini. Apalagi setelah saya bergabung Tim Robot Universitas Indonesia (TRUI), banyak pelajaran dan pengalaman yang berharga yang saya peroleh.

Dahulu, ketika masa-masa SMA bayangan bahwa belajar di bidang elektro itu sulit selalu menghantui pikiran saya. Ilmu elektro itu sangat luas dan bercabang-cabang dan hanya orang yang memiliki kecerdasan dan IQ tinggilah yang akan survive dalam bidang ini. Untung di SMA saya sudah mendapat bekal sedikit tentang ilmu elektro, sehingga bayangan atas rasa takut itu lama kelamaan menghilang. Ternyata dibalik sulitnya ilmu-ilmu elektro terdapat suatu hal yang menarik untuk dipelajari.

Salah satu hal utama dalam mempelajari elektro menurut saya adalah mengenali komponen-komponen elektronika, karena dari sanalah dasar ilmu elektro terbentuk. Kita bisa membayangkan suatu kerja alat atau sistem yang berbasis elektronika dengan menganalisis komponen apa saja yang diperlukan. Untuk mempelajarinya tidak cukup dengan hanya membaca teori kemudian menurunkan persamaan matematis dan fisis, namun kita juga harus berkecimpung dalam prakteknya.

Untungnya, dengan menjadi anggota Tim Robot UI saya menjadi terbiasa dengan komponen-komponen elektronika. Dari resistor dengan gelang-gelang warnanya, kapasitor dengan berbagai ukuran, diode dari berbagai jenis, IC dengan berbagai fungsi spesifiknya, dan lain-lain. Meskipun dalam divisi fungsional dalam Tim Robot UI yang saya ambil adalah Artificial Intelligence (AI) namun saya mengakui hal yang paling fundamental terutama dalam robotika adalah desain elektriknya.

Sekarang bidang ilmu elektro yang saya tekuni mengerucut dan saya memilih robotika dalam kekhususan saya. Ya, meskipun namanya bukan robotika, nama lainnya adalah Control Engineering saya tetap memilihnya (karena tidak ada kekhususan di Robotics). Karena dasar ilmu robot ada di sana dan perlu satu tahun lagi untuk mencapainya.