Sudah agak lama saya tidak menulis lagi di blog ini. Saya masih ingat dulu ketika saya pertama kali membuat blog ini pada bulan April 2009. Niat membuat blog waktu itu cuma hasrat saya untuk belajar menulis. Saya beranggapan bahwa kemampuan menulis adalah keahlian yang terbaik dalam menjalani masa akademisi saya selama belajar di perguruan tinggi.

Secara tidak sadar namun pasti, terlihat komitmen awal itu menghilang. Banyak kesempatan yang terbuang ketika saya berniat menuangkan gagasan lewat tulisan. Setiap kali saya membuka blog dan masuk ke halaman tulisan, saya terhenti dan bingung mau menulis apa. Seakan-akan pikiran ini terkunci dan sangat sulit untuk menyatukan ide-ide melalui serangkaian kalimat yang menyatu dan koheren.

Saya menyadari akan kehilangan komitmen itu. Semuanya terjadi karena kondisi yang tidak tepat bagi saya untuk konsisten menulis di blog. Saya ingat mungkin ketika awal-awal blog ini tercipta begitu banyak waktu luang baik untuk penemuan ide dan pencurahan gagasan. Sesekali gagasan menarik terlintas di pikiran saya, sejenak saya berpikir sambil kadang saya bawa dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pada kesempatan yang tepat saya menulis gagasan yang saya pikirkan dan saya mengetiknya di komputer. Alhasil, dalam tiap kali kegiatan menulis ada saja ide yang terlintas bagaikan air mengalir.

Mengingat masa-masa lalu seperti itu membuat saya ingin kembali padanya lagi. Tetapi ini tidak mungkin. Namun dalam setiap momen ada saja terbesit dalam hati untuk terus berupaya menulis di blog ini. Terkadang semangat itu muncul ketika membaca artikel di majalah atau di website tertentu. Saya merasa iri dan tertantang pada mereka yang menulis segala hal yang mereka kuasai dan ilmu yang mereka dapat.