Kegiatan tulis menulis saya berhenti. Entah karena tidak ada ide dan inspirasi, bukan karena itu, tetapi saya terlalu banyak gagasan yang ada di pikiran saya untuk di tuliskan di blog ini. Sayangnya gagasan itu sangat sulit saya tuangkan menjadi kalimat-kalimat padu dan koheren, yang mudah dibaca dan dimengerti. Saya mengakui, saya masih penulis pemula. Barangkali jika saya diibaratkan seorang anak manusia, saya masih berada di TK. Masih banyak belajar dan masih perlu menggali banyak pengalaman di dunia tulis menulis.

Semangat awal saya membuat blog ini adalah satu hal, sederhana saja, yaitu ingin belajar menulis, tidak lebih dari itu. Tulisan-tulisan saya di sini pun hasil olah kata yang saya buat sendiri dengan agak susah payah. Seringkali setiap saya menulis satu hal, saya terlalu melompat ke topik-topik yang tidak jelas. Begitulah, meskipun saya suka sistematika namun saya tidak bisa melakukannya pada tulisan-tulisan saya sendiri.

Masih pada semangat awal, yang tiada henti-hentinya, BELAJAR MENULIS!. Terlalu memaksakan diri memang. Tetapi saya sadar, hal yang semestinya saya lakukan dalam tahapan saya sekarang yaitu menulis apapun dalam segala hal. Yap, menulis apa saja, menulis tentang apapun yang bergeliat di kepala saya, yang mencoba keluar dari batok kepala yang keras ini. Hanya satu yang tertahankan, karena saya malu untuk mengungkapkan di blog ini, satu hal, yaitu tentang personal saya. Cukup saja, tentang hal itu pasti saya tutup tangan (bukan tutup mulut kaeran saya tidak bicara).

Memang terlalu serius dan saya mengakui, ini memang susah. Memaksakannya dan memaksimalkannya perlu usaha besar. Memperhatikan gramatika, ejaan, pola penulisan dan lain-lain saya rasa menjadi beberapa penghambat saya untuk belajar menulis. Kebanyakan teman-teman saya jarang yang begitu. Tetapi saya terkadang merasa iri dengan mereka, saya lihat mereka sangat terbuka dalam setiap penulisan gagasan yang mereka miliki. Pola penulisannya fleksibel, koherensi antar kalimatnya runur, dan enak dibaca.

Tetapi dengan segala pendirian saya (mudah-mudahan cukup bertahan lama), saya ingin menuangkan kalimat-kalimat di tulisan blog ini dengan gagasan cemerlang meskipun hanya bagi saya sendiri dan tentunya dengan ejaan-ejaan yang benar, mudah-mudahan...