Hal yang mengasyikan jika kita melakukan eksperimen sesuatu yang terlihat aneh. Bermula dari ide saya untuk dapat melakukan komunikasi antara smartphone Android dengan mikrokontroler. Hal yang baru terpikir adalah dengan cara memanfaatkan port micro USB pada Android yang kemudian dihubungkan dengan modul seperti IOIO Module atau Arduino yang dilengkapi USB emulator untuk memproses data dari Android. Namun untuk melakukan ini saya butuh modal yang cukup besar karena harga kedua modul tersebut lumayan mahal. Dan saya terpikir sejenak bagaimana cara yang murah agar Android dapat mengirim data ke mikrokontroler, akhirnya saya mendapat ide untuk memanfaatkan port audio.

Saya pikir ide saya belum pernah ada yang merealisasikannya di dunia ini, tetapi ternyata ketika saya mencarinya di Google sudah banyak orang yang melakukan eksperimen. Dan inilah gambar rangkaian untuk interface, ini saya kutip dari situs berikut



Pada rangkaian di atas merupakan rangkaian pengkondisi sinyal agar data yang dikirimkan dari audio port android memiliki level tegangan yang sesuai dengan standard TTL dan Serial.

Dari informasi yang saya peroleh dari tutorial di atas, maksimum baudrate yang bisa dicapai hanya 24000 bps. Secara ideal kecepatan demikian cukup untuk dapat mengirim data serial 2400 byte dalam waktu satu detik. Karena dalam satu frame paket data tersusun dari 10 bit, yaitu start bit, parity bit dan stop bit. Dengan standard baudrate mikrokontroler maka yang digunakan terbatas hanya pada 19200 bps dan 9600 bps.

File APK yang perlu diinstal di smartphone android, JAR file untuk PC beserta source code-nya dapat di-download di sini


Selamat Mencoba!!