Alhamdulillah dari awal tidak mengerti sama sekali mengenai Centum, sekarang saya sudah cukup memahami untuk menggunakannya. Meskipun tidak mengikuti Training Engineering di Yokogawa saya bisa membuat project ini karena berkat referensi Engineering Course Workbook yang diberikan oleh pembimbing dan hasil bertanya dengan rekan yang sudah mengikuti Training Engineering. Centum ini adalah software DCS dari produk Yokogawa. Centum yang saya gunakan ini adalah Centum VP R4.03.

Project yang saya buat ini masih sederhana dimana terdapat dua pengendalian yaitu level dan temperature. Pada project ini juga dilakukan urutan-urutan proses yang sudah diatur seperti pengaturan keluar cairan dari pipa 1 atau pipa 2, pengadukan setelah level tertentu, waktu pengadukan dan lain-lain.

Berikut adalah tampilan grafik HMI dari sistem pengendalian yang saya buat. Di Yokogawa HMI ini disebut sebagai HIS (Human Interface Station)

Tampilan Grafik pada HIS

Untuk membuat project yang saya buat tahapannya adalah berikut

1.    I/O Definition
Pada tahap ini mula-mula mendefinisikan card I/O yang digunakan baik jenis analog ataupun digital
2.    I/O Labelling
Setiap card I/O memiliki channel, dan pada tahap ini tiap channel diberikan label tertentu sehingga memudahkan dalam pembuatan drawing builder.
3.    Functional Block & Logic in Control Drawing Builder
Tahap inilah dirancang program untuk DCS yang kita buat. Pemrogramannya berbasis functional block.
4.    Creating Graphic in Graphic Builder
Setelah program dibuat maka tahap selanjutnya membuat tampilan grafik dari proses kontrol yang kita rancang. Tampilan grafik seperti ditunjukkan di atas menampilkan tag komponen seperti valve, motor, controller, trend, dll.
5.    Test Function
Inilah tahap terakhir untuk mensimulasikan sistem yang dibuat untuk DCS. Tahap ini merupakan simulasi saja dan tidak diterapkan pada DCS langsung. Disini diatur parameter-parameter tuning untuk kontroler dan data yang diperlukan dalam proses. Pengaturan dilakukan pada faceplate.

Secara singkat proses yang saya buat dalam sistem ini adalah sebagai berikut

1.    Start
2.    Pengisian cairan dari pipa 1 tangki hingga 40%
3.    Pengisian cairan dari pipa 2 tangki hingga 80%
4.    Pengadukan selama 20 detik
5.    Pemanasan suhu cairan tangki hingga 100 derajat
6.    Penurunan suhu cairan tangki hingga 40 derajat
7.    Pembuangan cairan hingga menjadi 0%

Untuk logika urutan proses ini diatur dengan menggunakan sequence table
Sequence Table
Berikut adalah builder yang dirancang

Functional Block Builder
Project yang saya buat sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan sesuai logic pada program. Mudah-mudahan di lain kesempatan saya bisa membuat lebih detail tahapan-tahapan pembuatan project ini.