Ada dua hal yang diperlukan seseorang dalam berkarya. Pertama mempunyai ide dan yang kedua memiliki kemampuan teknis. Kedua hal itulah yang menurut saya paling penting. Mengapa? mari simak paparan sederhana pada paragraf selanjutnya.

Dengan memiliki ide kita dapat merancang sesuatu sesuai keinginan kita. Ide yang sederhana dan bermanfaat sering dicari-cari orang. Namun untuk mendapatkan ide seperti itu bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan kreativitas dan pemikiran yang mendalam terhadap ide yang yang dihasilkan. Masalah ide berhubungan erat dengan inovasi. Inovasi adalah sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi setiap orang. hal ini akan selalu menjadi tren masa depan. Gambaran dunia tahun-tahun selanjutnya mungkin akan penuh dengan inovasi yang melahirkan teknologi yang serba canggih.

Kemudian yang kedua adalah kemampuan teknis. Ya, untuk mewujudkan ide kita mau tidak mau kita harus memiliki kemampuan teknis. Implementasi ide dari yang rumit sampai sederhana pun memerlukan kemampuan untuk menghubungkannya dengan dunia nyata. Dengan demikian hasilnya ada dan dapat dimanfaatkan oleh setiap orang. Kemampuan teknis ini selebihnya adalah kemampuan untuk melakukan abstraksi dari kejadian nyata yang terjadi. Abstraksi inilah yang diwujudkan dalam dunia praktik sebagai ciptaan atau hasil karya.

Mungkin itu paparan singkat menurut saya tentang dua hal yang dibutuhkan dalam berkarya. Antara kepemilikan ide dan keahlian teknis adalah dua hal yang saling berhubungan. Jika mungkin saya dapat bagi dalam ranah psikologi, kedua orang yang memiliki dua hal itu terbagi dalam orang yang dominan otak kanan dan orang yang dominan otak kiri. Karena seringkali saya melihat, orang-orang yang hanya bermimpi dan berimajinasi dan juga orang-orang yang hanya belajar teori ilmu terapan tanpa implementasi sama sekali. Sebaliknya ada orang yang yang lebih suka melakukan sesuatu dan mementingkan hasilnya dalam implementasi praktis. Pembagian yang terlalu kasar memang, namun kenyataannya menurut saya demikian.