Hehe... elektron mulai ngelantur lagu. Enggak, kayanya kali ini gak ngelantur, mudah-mudahan dan semoga hehe... Saya ingin menyampaikan gagasan yang sederhana bahwa ketidakpastian dipadu dengan ketidakpastian adalah hal yang pasti. Aneh, ngelantur kan, ketidakpastian dan hal yang pasti adalah hal yang bertolak belakang dan sangat berlawanan. Jika sesuatu itu tidak pasti pasti begitulah adanya, lagipula dengan cara apa hal itu bisa dijadikan pasti. Misalnya contoh seperti ini, kita tahu bahwa tidak pasti bahwa jika seorang siswa SMA yang tidak belajar maka dia akan lulus SNMPTN. Hal yang ini tidak pasti bukan?.

Ketidakpastian sebenarnya bisa terjadi dalam dua hal, yaitu ketidakpastian karena kekurangan dan ketidakpastian karena kelebihan. Seperti halnya dalam pengukuran luas tanah berbentuk persegi panjang. Misalnya bentuk tanah itu sebenarnya memiliki panjang 12,58 meter dan lebarnya adalah 8,50 meter, maka luasnya adalah 106,93 meter kuadrat. Ada seseorang yang diberi tugas untuk mengukur luas tanah itu. Karena dia tidak teliti dalam mengukurnya, hasilnya menjadi tidak pasti, dia memperoleh panjangnya yaitu sebesar 12,17 meter dan lebarnya yaitu sebesar 8,79 meter maka luas yang diperoleh adalah 106,97 meter kuadrat. Lihat! ketidakpastianya memberikan jawaban yang hampir mirip dengan sebenarnya bukan?. Kepastiannya diperoleh karena adanya ketidakpastian karena kekurangan dan kelebihan kuantitas dari panjang dan lebar tanah sebenarnya.

Apakah hal yang tidak pasti bisa diubah menjadi pasti, tentu bisa. Dengan apakah itu? Ketidakpastian itu harus dipadu dengan ketidakpastian juga. contohnya seperti ini: tadi sebelumnya telah dikatakan bahwa tidak pasti bagi siswa SMA yang tidak belajar untuk dapat lulus SNMPTN. Agar menjadi pasti, hal ini harus dipadu dengan ketidakpastian. Misalnya siswa SMA yang tidak belajar itu harus mendapatkan kunci jawaban soal SNMPTN yang dihadapinya, sehingga saat mengerjakan soal-soalnya siswa tersebut pasti dengan mudah bisa menyelesaikannya(Toh, cuma memindahkan jawaban saja). Otomatis dia pasti bisa lolos SNMPTN. Tapi, coba pikir apakah mungkin atau apakah pasti jika siswa dapat mendapatkan kunci jawaban soal SNMPTN?. Saya rasa sangat sulit dan saya menganggapnya hal itu tidak pasti. Soal SMMPTN sungguh dijaga sekali kerahasiaanya. Tidak pernah saya dengar seorang siswa SMA memperoleh kunci jawaban soal SNMPTN. Jadi tidak pasti seorang siswa memperolehnya.

Begitulah, Ketidakpastian dipadu dengan ketidakpastian pada akhirnya menuju hal yang pasti. Meskipun aneh, namun hal ini bisa diterima akal sehat bukan?.