Kembali lagi ke artikel sebelumnya. Kali ini saya akan menyuguhkan bukti nyata tentang orang-orang yang setia terhadap ilmunya. Orang-orang besar yang sungguh telah membawa perubahan dunia berkat kesetiaan mereka terhadap hal-hal yang kecil dalam kehidupan mereka. Ini lanjutan dari kutipan dari buku [2].

"...Tokoh-tokoh yang sungguh-sungguh besar dalam ilmu penegtahuan memperoleh pengetahuan mereka yang dalam itu dengan menunjukan kesetiaan di tengah-tengah pekerjaan sehari-hari yang biasa. Newton menemukan hukum gaya berat itu ketika sedang mengamat-amati sebuah pohon dan lalu melihat apel jatuh. Dr. Bang, dokter yang menemukan insuline (obat yang paling mujarab terhadap penyakit gula) itu, menemukan obat ini ketika ia sibuk menghafal anatomi kelenjar-kelenjar pankreas dari luar kepala. Einstein menemukan prinsip-prinsip dasar teori relativitetnya, ketika ia sibuk membuat perhitungan dengan angka-angka mati..."(hal. 87)

Jelas memang, kesetiaan diperlukan untuk seseorang dalam mencari ilmu. Kesetiaan bukan sepatutnya milik ilmuwan saja yang bergelut dengan teori dan penemuan mereka, namun kesetiaan diperlukan oleh siapa saja. Bagi seorang pelajar, tentu itu sangat diperlukan. Mereka harus setia terhadap tugas belajar mereka. Bagi seorang pengusaha, ini juga sangat mutlak diperlukan, mereka harus setia untuk mencoba hal-hal yang baru dalam usaha mereka. Andaikata tidak ada kesetiaan maka semuanya pasti lenyap sudah dan tentu hasilnya tidak akan maksimal.