Jujur, sebenarnya seluruh artikel yang saya buat di blog ini hanya sekedar untuk belajar menulis. Pertama kali saya menyadari bahwa saya sangat sulit untuk mengarang saya berusaha keras untuk bisa menulis, baik menulis di buku-buku pribadi saya, menulis di buku catatan pelajaran saya, dan di berbagai buku. Akhirnya saya menemui media yang tepat yaitu Blog. Saya langsung membuat blog ini dan saya isi dengan seadanya, seperti yang terlihat "The Secret of Electrons" sangat ngelantur, bukan?. Isinya bukan menjelaskan elektron tetapi malah yang lainnya yang serba "ngelantur". Yang penting bagi saya yaitu saya bisa menulis secara konsisten.

Terkadang saya menyadari juga susahnya menulis. Saya merasa kurang bisa merekonstruksi kata-kata dalam kalimat menjadi paragraf yang padu seperti halnya yang telah saya pelajari dalam Bahasa Indonesia. Saya merasa yang saya ungkapkan terlalu subjektif dan mungkin hanya benar dipikiran saya dan tidak demikian bagi orang lain. Begitulah... menulis terkadang sangat mudah tetapi terkadang sangat sulit. Otak saya "kaku" dan kurang luwes dalam mengekspresikan kata-kata dengan kalimat yang menggugah.

Namun, menulis menurut saya sangat mengasyikan karena dengan menulis kita dapat menuangkan seluruh gagasan di alam pikiran menjadi sesuatu yang nyata. Kita dapat mengungkapkan kata-kata dari pikiran kita sendiri. Dengan menulis juga dapat menambah kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah dengan baik. Pola permasalahan bisa kita buat secara runut dan beraturan seperti halnya kita menulis paragraf yang antar kalimatnya saling berkaitan satu sama lain. Masalah yang kita hadapi menjadi sederhana karena kita mengembangkan solusi dari masalah yang kita hadapi pada bagian sebelumnya. Juga karena kita terlatih untuk dapat menyusun gagasan-gagasan yang kita tuangkan pada tulisan kita. Pokoknya menulis adalah hal yang menarik serta menantang kemampuan terbaik kita.

Mudah-mudahan dengan media Blog ini saya dapat mengembangkan kemampuan tulis-menulis saya dengan baik. Karena tidak ada satu kata yang harus dilupakan jika kita ingin bisa terhadap sesuatu yaitu mencoba, mencoba, dan mencoba. Maksudnya mencoba menulis yang ngelantur, khususnya bagi saya sendiri.