Dengan matematika orang dapat menginterpretasikan fenomena-fenomena alam sekitar. Dengan matematika juga orang dapat mengerti bagaimana alam dan kehidupan bekerja. Kedudukan matematika sebagai pelayan ilmu (the servant of sciences) memang sudah tidak diragukan lagi. Semua berbagai bidang ilmu baik dari ilmu alam seperti fisika, kimia, biologi, geografi, astronomi dan lain-lain, juga ilmu sosial seperti ekonomi, perpajakan, administrasi dan masih banyak yang lainnya. Bahkan dalam ilmu bahasa sekalipun, seperti sistem tata Bahasa Inggris, juga tidak lepas dari dukungan matematika.

Matematika dengan bahasanya yang universal dapat menyederhanakan suatu masalah yang rumit menjadi masalah yang sederhana. Dengan matematika kita dapat mengelompokkan objek-objek apapun ke dalam bagian-bagian tertentu. Tidak terlepas dari objek matematika saja, semua objek baik itu dari alam, kehidupan, dan semesta dapat dibagi dan diklasifikasikan dengan bantuan matematika khususnya dengan teori himpunan(set theory).

Dan pada kali ini saya memanfaatkan matematika khususnya dalam teori himpunan untuk menyederhanakan bentuk tenses.

Dalam mempelajari Bahasa Inggris tentunya orang sudah banyak mengenal apa itu tenses. Tenses ini erat kaitannya dalam tata bahasa inggris (english grammar) yang berhubungan dengan waktu (time). Kalimat dengan tenses tertentu memegang peranan penting dalam pemahaman seorang tentang waktu sebuah peristiwa yang terjadi, baik itu peristiwa yang dibicarakan maupun yang dituliskan seseorang dalam kalimat itu. Tenses memiliki 16(enam belas) bentuk yang memiliki perbedaan dalam ekspresi kata kerjanya. Masing-masing tenses memiliki bentuk yang khas yang berbeda dengan bentuk tenses yang lain.   

Dalam tulisan ini saya tidak akan panjang lebar menjelaskan mengenai pola-pola dan teori mengenai tenses dalam penggunaanya pada kalimat bahasa inggris. Hal yang saya lakukan pada tulisan ini adalah menyederhanakan bentuk tenses yaitu pada jenisnya yang berjumlah 16 buah. Dengan penyederhanaan itu, jenis-jenis tenses tersebut dapat dikelompokkan secara mudah dengan menggunakan teori himpunan dalam matematika.

Dalam makalah ini objek yang akan dibagi dan diklasifikasikan kedalam bentuk himpunan adalah jenis-jenis tenses. Terdapat 16 jenis tenses yang akan didefinisikan berdasarkan himpunan-himpunan matematika. Dengan demikian pengelompokkan tenses menjadi sistematis dan implikasinya tentu akan menjadi lebih mudah diingat.

Alasan mengapa saya melakukan hal ini karena saya beranggapan masih banyaknya orang yang merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa inggris khususnya tenses. Masalah yang sering dihadapi banyak orang dalam mempelajari tenses yaitu karena mereka merasa kesulitan dalam mengelompokkan bentuk-bentuk tenses ke dalam cara yang lebih sederhana. Dengan penyederhanaan bentuk tenses yang saya lakukan ini saya dapat memberikan kemudahan dalam mempelajari tenses karena dengan mengetahui hal itu dengan baik maka pemahaman tenses yang lebih mendalam akan menjadi lebih mudah.

Download tulisan lengkap saya di sini.