Berkali-kali saya temukan di dalam kitab suci, Alquran yang penuh hikmah, sebuah keterangan yang agung. Sebenarnya apa tujuan hidup ini di dunia? Apakah keberadaan saya, Anda, dan kita semua hanya muncul semata secara kebetulan akibat teori evolusi? dan karena alasan itukah kita bisa seenaknya hidup di dunia ini dengan melakukan apapun yang kita suka?

Tujuan penciptaan kita di dunia adalah penuh misi. Di antara kita mempunyai kelebihan dan itu adalah amanat, milik yang harus disyukuri dan dimanfaatkan sebesar-besarnya, yang semuanya harus dibatasi.

Sesekali terlintas di dalam tanya, mengapa di ayat berikut Allah ta'ala menyiratkan gambaran dunia seperti pada ayat Alquran surah Al-Kahfi:45, surah Yunus:24, dan surah Al-Hadid:21?

Barangkali ini sebagai peringatan kita hidup di dunia, bahwa sebenarnya semua yang kita miliki dan kita punyai di dunia akan sia-sia. Kesimpulannya mungkin bisa Anda dapat sendiri.

(Mohon maaf jika saya tidak mengutip ayat yang dimaksud, mudah-mudahan yang membacanya dapat melihat sendiri di dalam Alquran)